Terkabulnya Doa Di Bulan Ramadhan
Di upload oleh admin - 18 Apr 2022
657 views

Terkabulnya Doa Di Bulan Ramadhan

thumbnail

Terkabulnya Doa Di Bulan Ramadhan



Bulan Ramadhan di dalam sebuah hadis dikatakan “Sesungguhnya dinamakan Ramadhan, karena (pada) bulan ini (Allah) membakar dosa-dosa (kaum muslim yang berpuasa).” (Kanz al-ummal, hadis ke: 23688). Kata Ramadhan sendiri di ambil dari kata Ramidha yang berarti terik atau sangat panas. Dari kata tersebut munculah kata armadha yang berarti membakar atau menghanguskan.

 

 

Di Bulan Ramadhan sesungguhnya Allah SWT., membukakan pintu berkah, kasih sayang dan ampunan-Nya. Rasulullah SAW., bersabda, “Seandainya seorang hamba mengetahui apa-apa yang dikandung di dalam Bulan Ramdhan, Pastilah dia menginginkan Bulan Ramadhan ada sepanjang hidupnya.” (Al-Bihar 96: 347)

 

 

Sangat disayangkan seorang hamba yang tidak bisa memaksimalkan dirinya untuk memohon ampun di Bulan Ramadhan ini. Doa merupakan salah satu ibadah dalam bentuk komunikasi manusia kepada penciptanya. Kita dapat bercerita berkeluh kesah, memohon ampun kepada yang Maha Kuasa. Ustadz sekaligus tenaga pengajar Fakultas Teknik Industri (FTI) UII itu menyatakan, bahwa doa merupakan obat bagi kaum muslim. Adanya doa juga mampu memberikan manfaat dan mencegah adanya mala bahaya bagi diri sendiri, keluarga ataupun bagi kaum muslim. Oleh karenanya, seorang muslim harus memperbanyak doa terlebih pada bulan Ramadan.

 

 

Ada dua waktu mustajab berdoa yang dapat dikabulkan oleh Allah. Pertama adalah di waktu sahur dan sepertiga malam. Yang kedua adalah orang yang berpuasa sampai berbuka, pemimpin yang adil dan orang yang terzholimi.

 

Sumber:

Motinggo, Q. R. (2011). Doa Harian Di Bulan Ramadhan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

uii.ac.id. (2021). Memperbanyak Doa di Bulan Ramadan.